Monday, January 12, 2015

PUSAT GALAXY

PUSAT GALAXY














Tim astronom menemukan planet alien raksasa berukuran empat kali Yupiter, planet terbesar di Tata Surya, di wilayah pusat galaksi Bimasakti yang sering disebut "Milky Way bulge".

Planet alien itu ditemukan dengan metode yang disebut gravitational microlensing. Dengan metode itu, astronom memanfaatkan dua bintang yang terletak segaris dari sudut pandang Bumi serta menggunakan salah satunya sebagai lensa untuk memperbesar cahaya dari bintang yang jauh.

Dengan teknik tersebut, ditambah dengan adanya distorsi cahaya, astronom bisa menemukan planet-planet yang mengitari sebuah bintang, memperkirakan ukurannya, sekaligus jaraknya, apakah berada di zona yang tepat untuk mendukung kehidupan.

Planet alien di pusat Bimasakti yang ditemukan kali pertama ini masih disebut dengan kodenya, yakni MOA-2011-BLG-293Lb atau belum dinamai. Meski demikian, astronom berhasil menguak beberapa fakta tentangnya.

Astronom, seperti diberitakan Physorg, Kamis (17/10/2013), mengungkapkan bahwa planet itu berada di zona layak huni. Namun, manusia tak bisa berharap menghuninya sebab planet itu ternyata planet gas raksasa.

Temuan ini merupakan temuan planet alien pertama di zona layak huni di pusat Bimasakti. Planet ini berjarak sekitar 25.000 tahun cahaya dari Bumi. Sementara itu, jarak planet dari bintangnya adalah 164,5 juta kilometer.

Penelitian yang membuahkan penemuan planet alien ini dipimpin oleh V Battista dari Departemen Astronomi di University of Ohio. Planet alien sendiri bukan dimaknai sebagai planet milik alien, melainkan planet yang letaknya di luar Tata Surya

BLACK HOLE


Jatuhnya Pesawat Air Asia Menurut AL QURAN

Al-Qur'an dan Awan Cumulus Nimbus serta Jatuhnya Air Asia QZ8501

Al-Qur'an dan Awan Cumulus Nimbus serta Jatuhnya Air Asia QZ8501

JAKARTA (voa-islam.com) - Pesawat Airbus Air Asia A 320 dengan nomor penerbangan QZ 8501 telah hilang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Singapura.
Jatuhnya pesawat tersebut disebabkan oleh awan Cumulus Nimbus yang yang tinggi seperti gunung-gunung raksasa yang dapat menyebabkan turbulensi dan mesin mati. Oleh karena itu, awan ini kerap dihindari oleh para pilot.
“Di dalam awan Cumulus Nimbus terdapat butiran es yang menyebar, dan badai petir yang mengkilat, kalau butiran es itu masuk ke engine maka dapat menyebabkan engine mati,” jelas pakar dirgantara.
Subhanallah, Nabi Muhammad SAW 1400 tahun silam tanpa pesawat, tanpa satelit dan tanpa teropong, tanpa teknologi dapat menjelaskan jenis awan Cumulus Nimbus yang dituliskan dalam kitab Al-Quran.
Mari kita baca al-Qur'an Surat An-Nur ayat 43 :
"Tidakkah kamu melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan lalu mengumpulkannya, kemudian Allah menjadikannya bertumpuk-tumpuk, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (awan Cumulus Nimbus seperti) gunung-gunung tinggi, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dihindarkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilatnya hampir-hampir menghilangkan penglihatan". [QS. An-Nur 24 : 43]
Subhanallah, Allahu Akbar, ungkap Ustadz Abu Abdullah.
Achmad Syarifuddin Rofie, menyatakan, “Sudah lama kita memenuhi langit dan bumi pertiwi dengan sumpah serapah, dengan kata-kata kotor, umpatan, makian,sindiran. Mari kita ganti ke depan, dengan zikrullah.
Langit dan bumi semakin berat dengan dosa-dosa lama kita, dan juga dengan niat membuat dosa-dosa baru, mari kita ganti dengan kebaikan-kebaikan.
Semoga Allah masih panjangkan umur kita semua, sehingga setelah salat subuh besok, kita bisa berjumpa dengan mataharidi pagi hari tanggal 1 Januari 2015, tanpa satu halangan apapun. Semoga seterusnya Allah panjangkan umur kita dalam sehat dan taat kepada-Nya.
Reza menambahkan, "Ulama kami mengajarkan BERILMU sebelum BERAMAL..Tanpa ilmu yang benar maka amalan yang dilakukan akan tertolak.. Ilmu yang benar adalah yang datang dari Allåh dan dicontohkan langsung oleh Rosul-Nya.. bukan syari'at yang dibuat-buat oleh manusia karena ini adalah sumber perpecahan umat.. dan bukan pula bersumber dari akal pikiran manusia karena sifatnya yang terbatas.."
Do'a bersama setelah sholat berjamaah nggak boleh...minta/ngajak doa di fsilitas umum, seharusnya cari dulu hadistnya, biar kagak salah ngajak. Ada non moslim di sana... Doa untuk  penumpang musibah Air Asia adalah manusiawi sebagai refleksi dari sifat rahman dari seorang Muslim.
Do'a kan tidak harus dipimpin pilot, masing-masing juga bisa. Di senderan kursi depan kan ada do'a safar untuk berbagai agama. Tinggal baca saja dan bila perlu ditambah surat-surat pendek dan dzikir. Masing-masing bertanggung jawab untuk dirinya dan keluarganya.
Di semua maskapai penerbangan Negara-negara Arab, sebelum penerbangan pilot menyapa para penumpang dan memimpin doa safar (doa sebelum melakukan perjalanan secara Islam.
Untuk maskapai penerbangan Indonesia dan mungkin Malaysia, mungkin tidak ada. Kalau ada, pasti ribut-ribut dulu misalnya apa perlu pakai doa dulu? Ngabisin waktu aja, kalau memang mau kecelakaan ya kecelakaan aja dan lainnya,  sebakul argumen orang liberal atau yang ngga mau berdoa.

Jika akhirnya perlu baca doa, ribut lagi mau pakai doa agama apa. Islam? Tunggu dulu Meski majoritas berpenduduk islam, tapi Indonesia bukan negara islam kayak arab? Tapi Indonesia negara demokrasi dimana semua agama harus diakomodasi. Ujung-ujungnya pilot akan memimpin banyak doa dari agama islam dan lainnya?

Tentu yang ngga mau pakai baca doa juga tidak kalah gigihnya berjuang dengan seember alasan. Inikan pesawat milik orang Cina, penumpangnya juga kebanyakan cina tuh pada mau ke Singapore. Ngapain baca-baca doa, memangnya kita mau hajian ke Makkah apa?

Wah pokoknya kalo berurusan pelaksanaan ritual agama (Islam) di Indonesia ribet saja, banyak tentangan bukan hanya dari kalangan non islam, tapi anehnya juga tidak kalah banyaknya dari kalangan yang katanya  beragama islam. Mereka adalah jago-jago berdebat dng SEBAKUL alasan. Itulah Indonesiaku, Indonesiamu dan Indonesia kita semua kalo lu pada mau tau.

Akhirnya tiap-tiap diri kelak akan mempertanggung jawabkan perbuatannnya, ucapannya, fikirannya, alas an-alasan nya yang sebakul di hadapan Tuhannya Yang Maha Mengetahui, Maha Adil dan mempunyai balasan.

Innā lillāhi wa innā ilayhi rôji'ūn..Sesungguhnya hanya kepada Allåh semua akan dikembalikan..Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari sebuah musibah, karenan sesungguhnya musibah itu akan mjd kebaikan apabila kita menyikapinya dengan baik, yaitu sabar dan mengimani takdir..
Yang saya sayangkan hampir di semua penerbangan yang saya pernah jalani, tidak pernah ada awak kabin ataupun pilot yang mengingatkan penumpang utk berdo'a sebelum memulai keberangkatan.. meskipun sudah ada lembaran do'a yang disediakan. Namun manusia butuh peringatan.. Sedikit banyak kita meniru orang-orang  kafir dengan semboyan "safety first".. bukankah seharusnya kita berkata "dzikir to Allåh first"!!

Marilah kita ubah kebiasaan kita.. jangan sampai kita terlambat dzikir ataupun memohon ampun ketika nyawa sudah di kerongkongan seperti halnya Fir'aun..Na'ūdzubillāh..Mari kita berdo'a bersama untuk mereka yang wafat dalam musibah.
Subhanallah.....Allah Akbar........Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam tidak bisa baca tulis sampai akhir hayatnya. Dan al-Quran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
"Sesungguhnya orang-orang yang berIman dengan ayat-ayat Kami adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat Kami mereka menyungkur sujud dan bertasbih memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka ber-do'a kepada Allah dengan rasa takut/khauf dan harap/rodja, dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yangg Kami berikan kepada mereka. (QS.32/15-16).
Hasbunallah wa ni’mal wakil. Semua kita serahkan kepada Allah Azza Wa Jalla atas segala kehendak dan takdirnya. Kita terima dengan ikhlas apapun yang telah diberikan kepada kita, termasuk musibah yang kita jalani. Kita terima takdir baik dan buruk. Kita harus dapat mengambil hikmah dibalik musibah Air Asia QZ8501.
Musibah Air Asia QZ8501, beberapa waktu lalu, menjadi wasilah (sarana) kematian, dan kembalinya hamba kepada Rabbul Alamin. Inna lillahi wa inna ilaiihi roji’un. (dimas/achmad muzammil/voa-islam.com)

Monday, December 1, 2014

Ical janjikan kepengurusan mendatang diisi kaum muda Reporter : Iqbal Fadil | Selasa, 2 Desember 2014 09:25 0 Share 0 Tweet 1 Google+ KIRIM Ical janjikan kepengurusan mendatang diisi kaum muda Ical di lokasi Munas Golkar. ©2014 merdeka.com/Iqbal Fadil Berita Terkait Nurdin Halid akui beri arahan DPD I Golkar untuk pilih Ical Nurdin Halid akui beri arahan DPD I Golkar untuk pilih Ical Ical masa bodoh banyak tekanan & embargo ke peserta Munas Golkar Mekeng bongkar upaya penjegalan Airlangga jadi ketum Golkar Merdeka.com - Calon Ketua Umum Partai Golkar incumbent Aburizal Bakrie menjanjikan perubahan besar di kepengurusan DPP periode kedua dia memimpin. Ical hingga kini menjadi calon tunggal dalam Munas Golkar yang digelar di Nusa Dua, Bali. "Dalam pembicaraan informal yang kami lakukan di beberapa kesempatan, ARB mengatakan ini akan menjadi periode terakhir kepemimpinan beliau. Dia mengatakan kepengurusan mendatang akan diisi oleh pengurus-pengurus muda," kata Jubir Partai Golkar Tantowi Yahya di arena munas, Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Selasa (2/12). Salah satu posisi yang akan diisi oleh wajah muda, kata Tantowi, adalah posisi wakil ketua umum. "ARB menyadari tantangan Golkar ke depan akan semakin berat dan butuh wajah-wajah muda untuk memperkuat partai. Salah satunya dengan menampilkan sebanyak mungkin wajah muda dalam kepengurusan mendatang," ujar dia. Hari ketiga pelaksanaan Munas Golkar akan dilanjutkan dengan agenda mendengarkan lanjutan pemandangan umum dari pengurus DPD. Setelah MS Hidayat dan Airlangga Hartarto mundur, tidak ada lagi pesaing Ical yang hadir di munas. Diperkirakan malam nanti, Ical bisa terpilih secara aklamasi untuk melanjutkan kepemimpinannya untuk periode 2014-2019. [has]
Ahok akan perketat pengguna BPJS di Jakarta Reporter : Fikri Faqih | Selasa, 2 Desember 2014 08:40 Ahok akan perketat pengguna BPJS di Jakarta Ahok dan Dubes Indonesia untuk Italia. ©2014 Merdeka.com/Faqih Berita Terkait Ini puja-puji Ahok buat Djarot, calon wagub DKI Ini puja-puji Ahok buat Djarot, calon wagub DKI Mulai tinggalkan Yani, Ahok pilih Djarot jadi wakil gubernur DKI Ahok akan laporkan Persija ke KPK Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai masih ada pihak atau warga yang ingin mengakali Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sebab mereka hanya ingin menggunakan jaminan sosial namun enggan melakukan pembayaran selanjutnya. "Asuransi itu kan sistemnya orang sehat bantu yang sakit. Makanya walaupun sehat, tetap harus bayar premi. Tapi kebanyakan orang dia cuma mau bayar pas dia sakit, begitu dia sehat dia tidak mau urunan bantu orang yang sakit," ungkapnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/12). Karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan aturan baru. BPJS hanya dapat dipergunakan setelah tujuh hari dari pembuatannya. Sebab, Ahok mengungkapkan, warga banyak yang membuat BPJS ketika sakit. "Makanya kita buat peraturan tujuh hari baru berlaku. Kalau enggak terlalu enak on/off-nya. Hari ini sakit, bayar. Begitu sembuh, tidak mau bayar lagi," tegasnya. Mantan Bupati Belitung Timur ini mencontohkan, ada warga masuk rumah sakit dan memilih kelas satu. Namun karena tidak kunjung sembuh, akhirnya mereka meminta untuk turun kelas. Dan saat itu barulah BPJS diurus. "Yang seperti itu tidak bisa. Kalau tidak mampu jangan belagu masuk kelas satu. Kalau mau kayak gitu Anda top-up, beli BPJS Mandiri," tutup Ahok.